Penyebab dan Cara Mengatasi Bunga Es pada AC

AC ruang anda sedang mengeluarkan bunga es tentu hal ini sangat menjengkelkan karena selain ac menjadi tidak dingin juga bisa menyebabkan becek.

Apabila bunga es tersebut mencair dan mungkin anda akan bertanya-tanya “kenapa bisa terjadi bunga es pada ac ruang?” atau “bagaimana cara menghilangkan bunga es pada ac ruang?” maka saya akan membantu memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut. Berikut penjelasannya mengenai Penyebab dan Cara Mengatasi Bunga es pada AC!!

1.Jika seluruh permukaan evaporator tertutup oleh bunga es kemungkinan besar blower tidak menyala sehingga tidak dapat mensirkulasikan udara disekitar evaporator, udara yang mengandung uap air disekitar evaporator karena terserap hawa panasnya oleh evaporator akan mengembun dan menempel pada sirip-sirip evaporator, embun yang seharusnya mengalir ke talang air oleh bantuan hembusan udara dari blower tidak dapat mengalir karena blower mati, embun tersebutlah yang lama kelamaan akan menjadi bunga es karena terus-menerus terserap hawa panasnya sama seperti yang terjadi pada kulkas satu pintu. Untuk mengatasinya tentu saja blower harus diperbaiki.
Baca juga informasi ini : Permasalahan Pada AC (AC Mati Total)

2. Bunga es muncul pada evaporator tetapi blower menyala normal hal ini dapat disebabkan karena evaporator kotor sehingga sirip yang berfungsi mengalirkan udara tidak dapat mengalirkan udara karena tertutup oleh kotoran yang ada pada filter udara dan evaporator. Walapun blower bekerja dengan baik tetapi jika udara tidak mengalir dapat menimbulkan bunga es. Untuk mengatasinya bersihkan evaporator dan filter udara menggunakan air bertekanan.

3. Kekurangan refrigran (freon) merupakan salah satu penyebab timbulnya bunga es sebab ketika tekanan refrigran dalam evaporator kurang mengakibatkan refrigran tidak stabil dan menimbulkan bunga es, tekanan normal untuk ac split sekitar 60 psi sampai dengan 80 psi. Ciri-ciri ac ruang yang kekurangan refrigran adalah tekanan refrigran rendah dan arus listrik rendah. Untuk mengatasi hal ini tambahkan refrigran hingga mencapai tekanan yang normal.

4. Pipa kapiler tersumbat juga dapat menimbulkan bunga es tetapi jika pipa kapiler telah tersumbat total maka ac ruang tidak akan dingin sama sekali, jadi bunga es dapat disebabkan oleh pipa kapiler yang tersumbat tetapi masih dapat mengalirkan refrigran. Bunga es terjadi dikarenakan jumlah refrigran yang masuk kedalam evaporator lebih sedikit karena terhambat oleh kotoran pada pipa kapiler sehingga refrigran tidak stabil dan menimbukan bunga es. Ciri-ciri pipa kapiler tersumbat adalah tekanan refrigran rendah dan arus listrik tinggi. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan penggantian pipa kapiler dan pembersihan sistem refrigran.

5. Oli didalam evaporator berpotensi menimbulkan bunga es sebab pipa evaporator yang seharusnya mengalirkan refrigran secara lancar tetapi karena sebagian pipa evaporator kemasukan oli menyebabkan daerah penyerapan panas tidak merata keseluruh permukaan evaporator dan menimbulkan bunga es karena penyerapan panas yang seharusnya sepanjang pipa evaporator tetapi karena sebagian kemasukan oli sehingga penyerapan pada satu titik lebih tinggi dibanding ketika normal sehingga embun yg seharusnya mengalir ke talang air malah membeku. Ciri-ciri evaporator kotor adalah terjadi bunga es pada evaporator yang terletak lebih tinggi sebab oli mengalir pada evaporator yang letaknya lebih rendah dan arus listrik tinggi karena penyerapan panas lebih lambat. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan pembersihan evaporator.

Demikian ulasan mengenai Penyebab dan Cara Mengatasi Bunga Es pada AC, Silahkan di share bila menurut anda bila informasi ini bermanfaat. Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *