Cara Pergantian Kompressor Pada AC Split

Alat elektronik seperti air conditioner ini memiliki fungsi untuk mengeluarkan udara dingin dan membuat sejuk ruangan. Di dalam AC terdapat satu kesatuan komponen yang saling mempengaruhi untuk mengeluarkan udara tersebut. begitupun dengan berbagai jenis AC seperti AC Split yang di dalamnya membutuhkan kinerja dari komponen-komponen yang saling berhubungan. Salah satu komponen yang juga memiliki fungsi penting yaitu Compressor.

Keberadaan compressor AC Split yang sangat berperan untuk memberikan penekanan bahan pendingin yang akan di sebarkan pada semua sistem yang ada di dalam sebuah refrigerant yang juga merupakan komponen pada AC Split, compressor dapat membuat sebuah perbedaan tekanan yang tinggi dengan tekanan yang rendah. Sehingga refrigerant yang berbentuk cair bisa langsung menuju evaporator.

Berikut tahapan Cara Pergantian Kompressor Pada AC Split :
•    Alat tambahan
Sebelum mengganti compressor, ada baiknya untuk mencari alat pengelasan. Alat yang bisa di gunakan yaitu tabung camping gas maupun tabung oksigen. Dengan begitu, pekerjaan yang di lakukan dapat di selesaikan dengan cepat.

•    Buka sambungan
Setelah itu lepaskan kedua sambungan pipa yang berada pada compressor tersebut. setelah itu, lpaskan mur-mur yang berada di kaki compressor dengan menggunakan kunci ring. Simpan baik-baik mur perekat tersebut agar tidak hilang.

•    Ganti compressor sesuai tipe
Setelah semua mur terlepas, saatnya untuk mengangkat compressor dengan sangat hati-hati. Lalu ganti compressor dengan yang baru. Dan perhatikan, tidak semua compressor dapat di pasang karena compressor memiliki tipenya masing-masing. Untuk mengetahui tipe yang cocok maka lihat pada label yang tertera pada body compressor tersebut.

•    Perhatikan pipa kapiler
Setelah menemukan compressor yang tepat, maka perhatikan pipa kapilernya. Ada baiknya untuk mengganti pipa kapiler dengan saringannya sehingga Freon bila bersilkulasi dengan lancar kembali.
Baca juga : Beberapa Kelebihan yang dimiliki AC Portable

•    Operasikan AC Split
tahapan awal sudah mulai di lalui dari mulai pemasngan compressor, pipa kailer dan pipa instalasi yang telah di pasang pada kran valve. Dengan begitu cobalah untuk mulai mengoperasikan AC Split.

•    Isikan Freon
Saat pengoperasian, jangan lupa juga untuk mengisi Freon. Lakukan pengisian Freon tersebut dan jangan lupa melihat amper compressor pada tang amper. Apabila terlihat amper tersebut normal maka lanjutkan pengisian. Tapi bila ampernya terlihat tinggi, maka lakukan pengecekan kembali. Bisa jadi telah terjadi kebocoran pada sambungan compressor yang baru saja di ganti.

Cara Pergantian Kompressor Pada AC Split ini bisa di lakukan sendiri apabila memang sudah ahli dalam melepas dan memasang kembali compressor. Tapi jika tidak menginginkan kerusakan yang lebih fatal, ada baiknya menggunakan ahlinya untuk merombak compressor tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *